News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mahasiswa KKNT-PPM FISIP Unwira Kupang bersama Lurah dan Warga Bersihkan Sampah di Kelurahan Kelapa Lima

Mahasiswa KKNT-PPM FISIP Unwira Kupang bersama Lurah dan Warga Bersihkan Sampah di Kelurahan Kelapa Lima

 

Foto : Mahasiswa KKNT 
Kupang, NTTPRIDE - Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata Tematik Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat ( KKNT-PPM ) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIP) Universitas Katolik Widya Mandira ( Unwira ) Kupang dan Pegawai kantor Kelurahan Kelapa Lima serta beberapa warga melaksanakan kegiatan bakti sosial atau Jumat bersih dilingkungan RT 33 Kelurahan Kelapa Lima, Kota Kupang , Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) pada , Jumat 26 Januari 2024.


Kegiatan ini dilaksanakan agar menumbuhkan rasa memiliki  akan pentingnya kebersihan lingkungan  demi menjaga kesehatan, sehingga menciptakan suasana lingkungan yang bersih dan indah. Selain untuk menumbuhkan rasa memiliki di kalangan masyarakat dan pemerintah setempat, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk melestarikan budaya warisan leluhur, yaitu gotong royong.


Tidak hanya Lurah beserta jajaran dan mahasiswa KKN, warga setempat juga turut ambil bagi dalam kesempatan itu.   Keterlibatan warga setempat ini membuktikan bahwa kepedulian akan kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama dan  harus dimulai dari hal yang paling kecil, salah satunya adalah kepedulian akan kondisi lingkungan hidup.


Kegiatan ini langsung dipimpin Lurah Kelurahan, Kelapa Lima,  Yustinus S. Khan, S.IP.,M.Si, dengan memfokuskan kegiatan di wilayah Kelurahan dengan mengajak pegawai Kelurahan dan Mahasiswa  KKNT untuk turun membersihkan sampah di sepanjang lingkungan RT 33 Kelurahan Kelapa Lima .


Sampah-sampah organik dan non-organik yang berserakan di lokasi tersebut tidak menjadi hambatan bagi Lurah Kelapa Lima beserta jajaran dan mahasiswa KKN Unwira Kupang untuk membenah lingkungan di lokasi tersebut.


Lurah, Kelapa Lima, Yustinus S. Khan, S.IP.,M.Si , menyambut gembira kegiatan tersebut pada pekan ini bahkan dengan penuh semangat mengarahkan jajarannya beserta Mahasiswa dan berharap “Semoga kegiatan Jumat Bersih ini kedepannya dapat ditingkatkan lagi dan bisa menjadi motivasi bagi masyarakat Kelurahan Kelapa Lima.


“Dengan adanya kegiatan  ini bukan hanya lingkungan kita menjadi bersih tetapi juga sebagai bentuk respon pemerintah yang peka terkait persoalan di tengah masyarakat sehingga dapat memahami dan mengerti keinginan masyarakat yang kadang kala masyarakat merasa sungkan atau segan ketika harus datang ke kantor atau menghadap langsung secara formal," Jelas Yustinus.


Ketua kelompok KKNT-PPM Unwira Kupang ,Bonefasius Jatang, mengatakan pembersihan dilakukan dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan agar kelurahan Kelapa Lima khususnya RT 33 terlihat bersih, rapi, dan tertata,


" Kegiatan ini diterima baik oleh masyarakat sehingga memudahkan kelompok KKNT-PPM kelurahan Kelapa Lima dalam melakukan kerja bakti. Kami disini juga berusaha dalam menjaga lingkungan kelurahan agar tetap bersih, karena banyak sekali sampah yang berserakan di RT 33 sehingga membuat kerusakan lingkungan mengingat sekarang adalah musim hujan," Ungkap Bonefasius.
Op

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.