News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tokoh Adat Ile Ape Apresiasi Kampanye Partai Solidaritas Indonesia di Lembata

Tokoh Adat Ile Ape Apresiasi Kampanye Partai Solidaritas Indonesia di Lembata

 

Foto : Tim
Lembata, NTTPRIDE Kampanye terbatas yang dilaksanakan Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Dapil VI Lembata , Flores Timur, Alor, dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Nomor urut 1, atas nama Vinsensius Belawa Lemaking menuai pujian dari berbagai kalangan salah satunya tokoh adat Bele Raya Lewuhala Ile Ape Bapak Stef Lodan.


“Ini bentuk kampanye yang luar biasa. Saya apresiasi khusus buat anak Vinsen yang berani angkat budaya dan menghadirkan semua kita pada tempat ini”. Jelas Lodan dalam acara bincang budaya Minggu (28/01/2024) di Desa Watodiri.


Ratusan orang yang hadir di balai pertemuan ini berasal dari berbagai kampung di Ile Ape. Apresiasi yang sama disampaikan oleh Kepala Desa Watodiri Robertus Sayang Ama Matarau, dalam sambutan pembukaannya.


“Baru pertama terjadi ada kampanye yang seperti ini, tanpa atribut partai, semoga pertemuan ini dapat menghasilkan sesuatu yang berguna untuk tatanan budaya kita ke depan”. Jelas Sayang.


Perwakilan tokoh adat Lamariang Bernadus Ola menyampaikan harapannya ke depan. “Kita berharap pertemuan ini tidak hanya sampai disini saja melainkan ada tindak lanjut ke depan. Komitmen sudah dibangun dan harapannya ini menjadi pegangan untuk melestarikan budaya Ile Ape ke depan”. Tutur Nadus.


Vinsensius Belawa Lemaking dalam pemaparannya menjelaskan inti dari pertemuan berbalut budaya yang digagas ini. “Budaya adalah bagian dari hidup Saya Hukum negara bisa dimanipulasi oleh manusia tetapi hukum adat tidak. Jika salah maka salah dan risikonya ditanggung yang bersangkutan hingga tujuh turunan. Hal ini menjadi dasar mengapa politik harus disandingkan dengan adat agar tatanan hidup Masyarakat dapat berjalan dengan baik. Siapapun politisi jika dia berjalan dengan adat pasti tidak akan menyimpang, sebab jika dia ingkar janji risikonya ditanggung sendiri”. Jelas Lemaking yang juga penulis buku Kekuatan Spiritual Pesta Kacang Lewohala.


Lanjut Vinsen, “Sebagai anak tanah Ile Ape yang lahir dan dibesarkan dalam adat tradisi luhur nenek moyang, Saya paham benar akan nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya. Oleh sebab itu ini wajib dilestarikan, dibuat dalam aturan pemerintah. Muatan lokal di sekolah perlu mendapat penekanan dan juga memindahkan bahasa koda atau tutur ke dalam bahasa tulisan agar tidak tersapu oleh zaman yang semakin berkembang”. Lanjut Dosen Kesehatan dan juga pemerhati Pendidikan NTT ini.


Kegiatan dialog/kampanye  budaya ini diawali dengan seremonial adat dan diakhir dengan rama tama dan dolo bersama.(*)


Vinsensius Belawa Lemaking Caleg DPRD Provinsi NTT, Dapil VI, Lembata, Flotim, Alor, Partai PSI Nomor Urut 1

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.