News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cerminan Indonesia Mini, Melki Laka Lena Ajak Masyarakat NTT Memperkokoh Keberagaman

Cerminan Indonesia Mini, Melki Laka Lena Ajak Masyarakat NTT Memperkokoh Keberagaman

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Emanuel Melkiades Laka Lena melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bersama masyarakat Sumba Barat Daya (SBD), Foto Tim
SBD, NTTPRIDE - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Emanuel Melkiades Laka Lena melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) di Kabupaten Sumba Barat Daya, Senin (11/3/2024).


Dalam kesempatan tersebut, Melki Laka Lena sapaan akrab Emanuel Melkiades Laka Lena mengajak masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) membangun kesadaran bersama untuk memperkokoh keberagaman mengingat NTT adalah cerminan Indonesia mini.


“Secara geografis, NTT adalah gambaran Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan Masyarakat yang terdiri dari berbagai suku, adat-istiadat, agama dan bahasa maupun simbol kebudayaan yang beragam. Kesadaran memahami keberagaman menjadi langkah awal untuk menghargai keberadaan yang berbeda dengan semangat persatuan bagi kemajuan bersama,” Ungkap Melki Laka Lena yang juga merupakan wakil Ketua Komisi IX DPR RI.


Melki dalam kesempatan tersebut mengatakan salah satu peran masyarakat dalam menjaga 4 pilar kebangsaan dengan mewujudkan toleransi dalam konteks multikultural.


“Kita perlu mengaktualisasikan nilai - nilai yang terkandung dalam 4 Pilar Kebangsaan demi terwujudnya sinergitas membangun kehidupan bersama di NTT sehingga tidak mudah diprovokasi karena perbedaan. Kita menganut agama berbeda, untu itu perlu membina kerukunan beragama,” Jelas Melki.


Selain itu Melki mengajak masyarakat mengimplementasi nilai kemanusiaan dan keadilan sosial serta gotong royong sehingga masyarakat NTT dapat menuju pada kehidupan yang setara dan Sejahtera.


“Masyarakat NTT sangat terkenal dengan budaya arisan dan kumpul keluarga yang memiliki nilai sosial maupun ekonomi yang sangat tinggi. Kumpul keluarga dilaksanakan sebagai bentuk gotong – royong untuk acara nikah, sekolah hingga kematian. Asal dilakukan dalam jumlah yang tidak memberatkan dan mengorbankan pendidikan anak – anak kita,” Sebut Melki.


Diakhir materinya Melki berpesan kepada masyarakat untuk selalu menjunjung tinggi persatuan, menghormati konstitusi, menghargai keberagaman yang merupakan cerminan dari nilai Empat Pilar Kebangsaan yang selama ini telah menjadi sejarah perjalanan bangsa Indonesia, dan menjadi komitmen kebangsaan.


“Nilai-nilai Empat Pilar adalah warisan yang sudah sepatutnya dijaga untuk semangat kebangsaan dan yang lebih penting lagi kita hadirkan dalam setiap ruang publik dalam tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” Tutup Melki.(*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.