News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UCB Kupang Terima Visitasi Universitas Airlangga, Bahas Rencana Pembentukan Fakultas Kedokteran dan Profesi Bidan

UCB Kupang Terima Visitasi Universitas Airlangga, Bahas Rencana Pembentukan Fakultas Kedokteran dan Profesi Bidan

Foto : Ocep Purek 
Kupang, NTTPRIDE. Com - Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang menerima visitasi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Dalam Rangka Rencana Pembentukan Fakultas Kedokteran Universitas Citra Bangsa, dan Penguatan Profesi Bidan,


Kegiatan ini berlangsung di aula UCB Kupang lantai 4 Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada, Rabu 22 Mei 2024.


Visitasi merupakan salah satu tahapan pemberian rekomendasi kepada program studi baru yang akan di buka.


Tim Visitasi Universitas Airlangga Surabaya yang hadir Dr. Sulistiawati dr., M.Kes sebagai Wakil Dekan III Penelitian, Publikasi Pengemas, Dr. Purwo Sri Rejeki, dr., M.Kes, sebagai Koordinator Program Studi S1 Kedokteran, Dr. Mia Ratwita Andarsini, dr., Sp.A (K)K, sebagai Kordinator Progam Studi Profesi Dokter, Woro Setia Ningtyas, S.Keb., Bd., M.Kes sebagai Koordinator Program Studi Pendidikan Bidan, Dr. Maftuchah Rochmanti, dr., M. Kes sebagai Ka. Satuan Penjaminan Mutu.


Di dalam kegiatan visitasi, Tim Universitas Airlangga memberikan gambaran tentang latar belakang untuk dibukanya Program Studi Kedokteran dan peninjauan langsung sarana prasarana dan Laboratorium untuk memastikan suatu calon prodi baru layak dan mampu untuk implementasi dalam standar pendidikan.


Dewan Pembina Yayasan Citra Bina Insan Mandiri UCB Kupang ,Ir Abraham Paul Liyanto mengatakan hari ini kita kedatangan tamu istimewa dari Universitas Airlangga dalam rangka Rencana Pembentukan Fakultas Kedokteran dan Penguatan Profesi Bidan Universitas Citra Bangsa. 


" Kita yang hadir hari ini mari kita samakan persepsi untuk mendukung UCB untuk melahirkan anak-anak yang sehat mulai dari Bidan, Perawat dan Farmasi sampai pada puncaknya adalah Kedokteran. Kalau semua ini berjalan maka NTT akan lebih maju karena di NTT kaya akan Sumber Daya Alam tetapi miskin Sumber Daya Manusia dan lebih mengerucut lagi pendidikan di NTT juga masih masuk dalam kategori kurang ataupun miskin," jelas Abraham.


Lanjut Abraham, Kenapa UCB harus mendirikan fakultas kedokteran karena melihat masih banyak kekurangan tenaga kedokteran di NTT, jadi kalau mau NTT maju kita harus merubah mindset kita mulai dari cara berpikir dan cara bekerja sehingga bisa berdampak untuk Bangsa dan Negara 


" Karena saya yakin bahwa kalau kita sama-sama berjuang membangun pendidikan dan kesehatan di NTT maka bukan tidak mungkin NTT bisa berkembang dan bisa maju, kalu NTT bisa maju maka dengan sendirinya Indonesia pasti maju, " ungkap Anggota DPD RI ini.


Sekda Kota Kupang, Abraham Devil Evil Manafe, S.IP., M.Si menguapkan kehadiran kita hari ini menjadi bagian dalam sebuah momen bersejarah yang akan menjadi penopang awal dalam perkembangan dunia pendidikan kedokteran di wilayah NTT dan khususnya Kota Kupang.


" Atas nama pemerintah Kota Kupang dengan rendah hati dan penuh rasa syukur mengucapkan terima kasih kepada perwakilan dari Universitas Airlangga Surabaya yang akan melakukan peninjauan dalam rangka pembukaan Fakultas Kedokteran UCB Kupang. Kehadiran tim Visitas ini adalah suatu bentuk pengakuan dan apresiasi atas langkah besar yang telah diambil oleh UCB Kupang untuk membuka fakultas kedokteran yang akan memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas layanan kesehatan di kota Kupang," ungkap Abraham Devil.


Saat ini untuk kota Kupang membutuhkan tenaga kedokteran agar layanan kesehatan bagi masyarakat lebih ditingkatkan. Dengan adanya fakultas kedokteran di UCB Kupang diharapkan muncul generasi baru dokter muda yang berkualitas, berdedikasi dan siap melayani masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab dan menjadi garda terdepan dalam memajukan sektor kesehatan di NTT dan mampu mengatasi tantangan kesehatan yang terjadi di masyarakat.


Lanjutnya, semoga upaya kita bersama ini dapat membuahkan hasil yang baik bagi kemajuan pendidikan dan kesehatan di NTT.


Perwakilan Universitas Airlangga, Dr. Sulistiawati dr., M.Kes menyampaikan sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Universitas Citra Bangsa karena sudah mengundang kami untuk sama-sama membahas dan berdiskusi tentang Rencana Pembentukan Fakultas Kedokteran Universitas Citra Bangsa, dan Penguatan Profesi Bidan.


"Kekompakan ini yang menjadi kekuatan utama kita dalam menjalani suatu rencana yang baik. Saya setuju dengan rencana UCB Kupang untuk membuka fakultas kedokteran dan mestinya ini menjadi prioritas sehingga NTT bisa maju menuju Indonesia Emas 2045 dengan generasi yang sehat," jelas Sulistiawati.


Tambahnya, langkah ini positif agar generasi muda kita yang mau belajar di kesehatan terutama di kedokteran bisa masuk di UCB dan tidak perlu lagi harus ke Jawa ataupun daerah lain.


Rektor UCB Kupang, Prof Dr Frans Salesman menyatakan semua persyaratan sedang kita lengkapi, dan salah satu persyaratan utama yaitu, Rumah sakit dan kita bersyukur karena RSUD SK. Lerik telah bersedia menjadi RS pendidikan kita.


" Untuk itu, kita sambil kita menunggu pembangunan RS Citra Husada milik UCB Kupang sehingga rencana pembentukan Fakultas kedokteran UCB Kupang bisa berjalan efektif tanpa hambatan," jelas Frans Salesman.

Ocep Purek 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.