News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Politeknik Negeri Kupang Kukuhkan 473 Wisudawan Periode Juni 2024

Politeknik Negeri Kupang Kukuhkan 473 Wisudawan Periode Juni 2024

Wisudawan saat mengikuti prosesi di Auditorium Politeknik Negeri Kupang, Sabtu 29 Juni 2024, Foto : Ocep Purek 
Kupang, NTTPRIDE. Com - Politeknik Negeri Kupang kembali menggelar Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Sarjana Terapan Dan Ahli Madya Ke- XXI Periode Juni Tahun 2024 di Auditorium Politeknik Negeri Kupang, Sabtu 29 Juni 2024.


Politeknik Negeri Kupang mewisuda 473 Sarjana Terapan dan Ahli Madya, pada, Sabtu 29 Juni 2024. Acara berlangsung di Auditorium Politeknik Negeri Kupang itu disaksikan orang tua dan wali wisudawan.


Prosesi wisuda terjadi dalam Rapat Senat Terbuka. Wisudawan sebanyak 473 berasal dari enam Program Studi (Prodi). Rinciannya, Prodi Teknik Sipil sebanyak 96 orang, Prodi Teknik Mesin 61 orang, Prodi Pariwisata 47 orang.


Berikutnya, Prodi Teknik Elektronika 106 orang, Prodi Administrasi Bisnis 18 orang, dan Prodi Akuntansi berjumlah 148 orang.


Direktur Politeknik Negeri Kupang, Frans Mangngi mengingatkan para lulusan adalah bukti nyata bahwa dengan kerja keras, dedikasi, pantang menyerah maka segala hal bisa dicapai 


" Para lulusan harus siap bersaing di pasar kerja global untuk mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama di bangku kuliah untuk menjawab kebutuhan pembangunan daerah," ujarnya


Lanjut Frans, proses belajar di Politeknik Negeri Kupang bukan hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan tetapi juga pembentukan karakter dan sikap profesional 


" Jadilah lulusan yang tidak hanya unggul yang memiliki ketrampilan teknis tetapi juga memiliki nilai-nilai etika dan integritas tinggi," jelasnya.


Frans Mangngi optimis para lulusan Politeknik Negeri Kupang mampu menaklukkan tantangan dalam dunia usaha dan dunia kerja.


"Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mewajibkan para lulusan Politeknik Negeri Kupang harus terus belajar, mengasah kemampuan dan keterampilan agar mampu menjawab tantangan di luar bangku kuliah, serta bekal ilmu dan keterampilan yang dipelajari dapat berguna membantu masyarakat," ungkap Frans.


Seiring dengan perkembangan kebijakan pemerintah dimana salah satunya adalah Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (kemendikbudristek) Nomor 53 tahun 2023 tentang penjaminan mutu pendidikan tinggi, maka di tahun 2024 semua pihak di Politeknik Negeri Kupang mulai bersama-sama untuk memikirkan dan merumuskan bagaimana PNK beradaptasi dengan Peraturan kemendikbudristek ini.


Pihaknya menguapkan, salah satu tantangan terbesar dalam Peraturan Kemendikbud tersebut adalah kita dituntut kemana arah dan langka PNK 25 tahun ke depan melalui peta jalan serta merumuskan rencana induk pengembangan jangka panjang (Rip) serta rencana jangka menengah yang baru sesuai dengan arah kebijakan kemendikbudristek.


" Kami  akan berpikir dan merumuskan bersama visi,misi dan tujuan serta strategi pengembangan PNK yang selama ini yang telah kita impikan bersama. Untuk itu saya mengajak kita semua untuk bersama mewujudkan Peraturan kemendikbudristek secara bertahap tetapi pasti ,"  tegasnya 


Ia juga meminta agar para lulusan tetap menjaga nama baik almamater dan membuktikan kepada masyarakat bahwa Politeknik Negeri Kupang tetap kampus terbaik yang menghasilkan SDM unggul dan berkualitas.


Sementara, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTT, Flouri Rita Wuisan mengapresiasi Politeknik Negeri Kupang yang telah mewisuda 473 orang lulusan.


Kehadiran Politeknik Negeri Kupang sebagai bagian dari penyelenggara pendidikan nasional yang memiliki peran yang strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menerapkan nilai pembudayaan dan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan 


Hal ini menunjukkan bahwa Politeknik Negeri Kupang bukan saja bertanggung jawab untuk menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas, profesional dan berakhlak mulia, tetapi juga harus mampu mengembangkan ilmu pengetahuan den penerapan teknologi dengan berperan dalam setiap proses pembangunan serta inovatif dan berwawasan global 


" Proses wisuda yang dicapai hari ini itu merupakan aspek teoritis karena setelah wisuda hari ini wisudawan masih punya tanggung jawab yang besar yakni apa yang sudah adik-adik wisudawan lakukan ditengah masyarakat dengan dinamika persoalan, dinamakan pergumulan hidup dan diharapkan wisudawan bisa hadir untuk memberikan pembaharuan kepada masyarakat, " jelasnya


Flouri Rita menegaskan, Pemerintah Provinsi sangat membutuhkan para lulusan inovator untuk bekerja bersama  membangun Provinsi NTT. Diharapkan wisudawan mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah, mampu mengaktualisasikan ilmu pengetahuan sebagai bentuk pengabdian bagi nusa dan bangsa terutama bagi bumi Flobamorata yang bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi sumber inspirasi ditengah masyarakat.



Reporter : Ocep Purek 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.