News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melki Laka Lena Ajak Masyarakat Manfaatkan Layanan BPJS Kesehatan Secara Optimal

Melki Laka Lena Ajak Masyarakat Manfaatkan Layanan BPJS Kesehatan Secara Optimal

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, saat memberikan materi bersama BPJS kesehatan, Foto : Ocep Purek 

Kupang, NTTPRIDE. COM - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lenak menghadiri kegiatan sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)  yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kupang, bertempat di GMIT Calvari Venun, pada Minggu 28 Juli 2024.


Kegiatan ini turut pula di hadiri Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kupang, Ario Trisaksono, staf BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kupang dan seluruh masyarakat GMIT Calvari Venun.


Dalam sambutannya, Emanuel Melkiades Laka Lena menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan adalah salah satu buah karya dari rangkaian presiden sejak awal berdirinya negara Indonesia, yang telah menjalankan lima amanat dasar negara. 


Jaminan kesehatan tersebut, Melki mengatakan Bung Karno dan Bung Hatta sudah menyelesaikan lima dasar negara kita, yakni Sila ke-5 Pancasila yang mencakup keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


” Selain itu, Ia juga menyebutkan bahwa pada masa kepemimpinan Ibu Megawati, disahkan UU No. 40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Sistem ini dirancang untuk membantu masyarakat dalam menghadapi pengeluaran tak terduga akibat penyakit berat yang membutuhkan perawatan rutin seperti hemodialisa atau operasi mahal. 


Melki menerangkan, BPJS Kesehatan tidak hanya mengurus disaat seseorang peserta mengalami sakit saja, tetapi disaat masih sehat juga bisa dilayani dengan tujuan untuk memeriksa kesehatan, oleh karena itu bagi para peserta BPJS Kesehatan dapat memanfaatkan pelayanan ini untuk memeriksa kesehatan secara rutin.


“Kita ini menjadi peserta BPJS Kesehatan jangan menunggu sakit saja baru menggunakan layanan kesehatan BPJS, tetapi disaat sehat juga boleh yakni untuk mengecek kesehatan seperti cek tekanan darah, gula darah dan untuk tes kesehatan  ini ada sekitar 14 tes kesehatan gratis yang bisa di manfaatkan oleh para peserta BPJS Kesehatan,” ujarnya.


Dirinya menambahkan dalam hal ini dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan peserta BPJS bisa menikmati  pelayanan kesehatan baik itu dari Klinik, Puskesmas, Rumah Sakit, ataupun praktek dokter atau perawat/bidan yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.


Melki Laka Lena menghimbau agar peserta BPJS Kesehatan memeriksa kesehatan nya di Klinik, atau Rumah Sakit yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan karena apabila memeriksa kesehatan di klinik atau Rumah Sakit yang belum bekerjasama dengan BPJS Kesehatan itu pasti membayar secara pribadi (mandiri).


Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kupang, Ario Trisaksono, mengatakan manfaat BPJS Kesehatan yang paling utama adalah memberi perlindungan atas biaya rawat jalan dan rawat inap ketika mengalami sakit. Selain itu, premi atau iuran program asuransi pemerintah ini tergolong murah. 


" Kehadiran BPJS Kesehatan memiliki peran sentral dalam mewujudkan sistem jaminan sosial nasional bidang kesehatan. Itu sebabnya, BPJS Kesehatan menjadi produk yang diwajibkan pemerintah. Baik individu maupun karyawan perusahaan, harus memiliki jaminan sosial tersebut," jelas Ario.





Reporter : Ocep Purek 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.