News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melki Laka Lena Minta Masyarakat Budayakan Cek Klik Sebelum Konsumsi Produk

Melki Laka Lena Minta Masyarakat Budayakan Cek Klik Sebelum Konsumsi Produk

Foto : Ocep Purek 
Kupang, NTTPRIDE. Com - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena mengingatkan masyarakat untuk tidak main-main dengan masalah makanan dan minuman, obat tradisional, kosmetika yang belum melalui Badan Pom ataupun Bali Pom.


“Jadi tolong bapa ibu sekalian jangan main-main dengan namanya masalah obat, obat tradisional, kosmetika, makanan minuman yang ternyata tidak melalui Balai POM ataupun Badan Pom,” tegas Melki Laka Lena dalam acara Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) bersama Bali Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berlangsung di GMIT Diaspora Danau Ina Oesapa, Kamis (4/7/2024).


Melki Laka Lena demikian sapaan akrab Wakil Ketua Komisi IX DPR RI ini mengatakan tugas Badan POM sangat besar dan mulia karena menjaga agar masyarakat bisa makan minum dengan aman.


" Jadi bapa mama sekalian BPOM ini tugasnya maha mulia, kita bisa makan, minum obat tradisional, obat kimia, dan kosmetika yang kita nikmati dengan aman, bermutu dan berkhasiat karena BPOM bekerja dengan baik sesuai tugas dan fungsi dalam pengawasan," ujar Melki 


Disisi lain, Melki menguapkan bahwa kami sedang mendorong fungsi tambahan dari BPOM untuk mengembangkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang makanan dan minuman olahan, obat tradisional, dan kosmetika.


Laka Lena juga mengajak masyarakat untuk memahami mantra dari BPOM yakni Cek Klik, Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kadaluarsa dari setiap produk yang beredar di masyarakat,


" Kampanye Cek Klik berguna mencegah masyarakat mendapatkan makanan yang berbahaya. Di lain sisi masyarakat juga berperan aktif untuk selalu melihat produk yang beredar dimasyarakat, karena makanan yang dikonsumsi berpengaruh terhadap kesehatan kita. Masyarakat juga harus aktif mengakses informasi melalui sosial media dari BPOM ada Facebook, WhatsApp, Instagram, dan juga Tik Tok agar mengetahui informasi penting dari BPOM," ajak Melki.


Sementara itu, perwakilan BPOM Kupang, Paskalista menyampaikan menyampaikan tentang tugas dan fungsi Balai POM di Kupang. 


“Badan POM memiliki 5 UPT yang tersebar di seluruh wilayah NTT untuk menjalankan tugas dan fungsi dari Badan POM. Adapun ke-5 UPT tersebut yaitu, Balai POM di Kupang, Loka POM di Kabupaten Belu, Loka POM di Kabupaten Sumba Timur, Loka POM di Kabupaten Ende, dan Loka POM di Kabupaten Manggarai Barat, ini terbanyak di seluruh provinsi di Indonesia”, ujar Paskalista.




Reporter : Ocep Purek 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.