News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dari Loper Koran hingga Penjabat Wali Kota Kupang, Ini Profil Lengkap Linus Lusi

Dari Loper Koran hingga Penjabat Wali Kota Kupang, Ini Profil Lengkap Linus Lusi

Linus Lusi. (NTTPRIDE. COM/ Ocep Purek)
KUPANG, NTTPRIDE. COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah menunjuk Staf Ahli Gubernur NTT, Linus Lusi sebagai Penjabat Wali Kota Kupang.


Linus Lusi bakal menggantikan Fahrensy Funay sebagai Penjabat Wali Kota Kupang selama enam bulan ke depan.


Bergantinya Pj Wali Kota Kupang dari Fahrensy Funay ke Linus Lusi mencatat sejarah baru lantaran, Kota Kupang sudah tiga kali dijabat tiga Penjabat Wali Kota di masa transisi.


Linus Lusi memang bukan sosok baru bagi masyarakat Kota Kupang. Lantaran, Linus Lusi memulai karier sebagai guru SD di Kota Kupang hingga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, staf ahli gubernur dan kini akan dilantik menjadi penjabat wali kota Kupang.


Berikut profile Lengkap Linus Lusi yang berhasil dihimpun victorynews.id. Linus Lusi  lahir  di Waiwaru, 28 September 1972.


Linus Lusi lahir dalam keluarga petani sederhana. Namun, tekadnya untuk menuntut ilmu tak pernah mati. Setelah tamat SD di Lembata, ia merantau ke Kupang dan hidup bersama saudaranya.


Untuk memenuhi kebutuhan hidup di Kupang, Linus Lusi harus bekerja sebagai loper koran.


“Saya dibesarkan di jalanan karena lingkungan yang membentuk kami punya karakter, selain sekolah. Saya SD di Lembata dan SMP di SMP El Tari Kupang. Di sekolah dasar kita bekerja keras, karena orangtua petani,” 


Linus memulai karier sebagai guru sekolah dasar (SD) di Kota Kupang. Kemudian pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi NTT tahun 2010 -2013.


Selanjutnya Linus Lusi pernah menjabat sebagai Kabid Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTT Tahun 2013- 2015.


Kepala Bidang Linjamsos Dinas Sosial Provinsi NTT tahun 2015 -2017. Sekretaris Badan Pengelola Perbatasan Provinsi NTT 2017-2019.


Kemudian menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Badan Pengelola Perbatasan Provinsi Februari 2019- 27 Juli 2019.


Dan dilantik sebagai Kepala Badan Pengelola Perbatasan Provinsi NTT 27 Juni 2019- 3 Agustus 2020. Linus juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT sejak 3 Agustus 2020-28 Maret 2024.


Suami dari Angela Deran Lusi juga pernah menjabat sebagai Penjabat Bupati Ngada selama tiga bulan.***



Editor : Ocep Purek 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.