News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melki Laka Lena Bersama BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Program Jamsostek di Kota Kupang

Melki Laka Lena Bersama BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Program Jamsostek di Kota Kupang

 

Emanuel Melkiades Laka Lena saat memberikan materi bersama BPJS Ketenagakerjaan di Gereja GMIT Galed Kelapa Lima, Foto : Ocep Purek 
Kupang, NTTPRIDE. COM - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena bersama BPJS Ketenagakerjaan  memberikan sosialisasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada 300 pemuda Klasis Kupang dan Klasis  Kupang Timur.


Kegiatan tersebut berlangsung di gedung Gereja GMIT Jemaat Galed Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)


Ketua DPD I Golkar Nusa Tenggara Timur (NTT) itu menyebutkan, menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan itu ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan, sejak awal BPJS ketenagakerjaan ini merupakan rujukan dari Undang-Undang SDSN.


Dia menyebutkan, BPJS ketenagakerjaan ini dimaksudkan untuk memastikan agar pekerja seluruh Indonesia itu dilindungi dengan berbagai manfaat yaitu jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JK), jaminan hari tua (JHT), jaminan pensiun (JP), dan jaminan kehilangan pekerjaan (JKP).


" Bapa ibu sekalian memang kalau kita cermati BPJS ketenagakerjaan ini mempunyai manfaat bagi pekerja. Bagi para pekerja dan peserta BPJS ketenagakerjaan bisa mendaftar dan mengikuti dua manfaat dasar yakni jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja, dua manfaat dasar ini bisa membantu para pekerja disaat mengalami musibah ataupun kecelakaan kerja dan kematian," sebut Melki.


"Dua manfaat dasar ini saja kita cukup membayar sebesar Rp 16.800 perorang perbulan, ini angka yang relatif sangat murah, bagi para perokok ini tidak lebih mahal dari harga sebungkus rokok, bagi ibu-ibu yang hobinya arisan tidak lebih mahal dari arisan, dan tidak lebih mahal dari harga moke, dan judi online. Dengan manfaat yang luar biasa karena jika para pekerja mengalami kecelakaan kerja maka akan mendapatkan manfaat untuk diobati dan dibiayai sampai sembuh dan apabila dia meninggal maka alih waris akan menerima santunan sebesar Rp 42 juta," jelasnya.


Lanjut Melki, bahkan bagi para pekerja yang mengikuti BPJS ketenagakerjaan ini selama 3 tahun berturut-turut maka dia akan mendapatkan beasiswa untuk dua orang anak mulai dari TK sampai lulus S1. Ini hal yang luar biasa bapa mama sekalian diharapkan agar bisa mengikutinya program ini dengan baik dan bisa menyebarluaskan informasi ini dikalangan masyarakat luas sehingga makin banyak orang yang menikmati manfaat dari BPJS ketenagakerjaan dengan baik.



" Saya mendorong agar kita semua betul-betul fokus untuk menjadi bagian penting peserta BPJS ketenagakerjaan yang memahami manfaatnya dengan baik. Diharapkan agar melalui BPJS ketenagakerjaan ini para pekerja terlindungi dan juga mendapatkan manfaat dari program ini secara maksimal," ajak Melki.


Sementara itu Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan NTT , Arief Wahyudi pada kesempatan yang sama menegaskan bahwa pihaknya siap melakukan kerja sama dengan stakeholder yang ada guna perluasan kepesertaan baik sektor PU maupun sektor BPU di 


" Saat  ini BPJS ketenagakerjaan  sudah melayani 28.568 klaim dengan nominal klaim 402 miliar dan membayar beasiswa sebanyak 609  orang anak NTT dengan total 4.4 miliar  yang kami bayarkan beasiswa dan akan terus kami bayar sampai dia selesai kuliah dengan catatan anak  harus tetap sekolah, berani berhenti sekolah kami stop membayar," jelas Arief.





Reporter : Ocep Purek 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.