News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Undana Beri Pelatihan Pembuatan Media Belajar Berbasis Bahan Lokal di SD St Yoseph 1 Kupang

Undana Beri Pelatihan Pembuatan Media Belajar Berbasis Bahan Lokal di SD St Yoseph 1 Kupang

Foto : Wayan Sukarjita
Kupang, NTTPRIDE. COM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Undana, bekerjasama dengan SD St Yoseph 1 Kupang melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dalam bentuk pelatihan desain media pembelajaran Matematika dan IPA tingkat SD berbasis bahan lokal.


Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari dimulai pada tanggal 22-25 Juli 2024  yang bertempat di sekolah mitra SD St Yoseph 1 Kupang yang dihadiri 20 guru. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala LP2M Undana Dr. Ir. Damianus Adar, M.Ec di dampingi Kepala SD St. Yoseph 1 Kupang, Aurelia Yulianti, S.Pd.


Kegiatan kemitraan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya kegiatan pengabdian pada masyarakat. Bentuk kegiatannya, melatih guru dalam merancang media pembelajaran IPA dengan memanfaatkan bahan lokal yang ada di sekitar.


Ketua Tim Narasumber Yusniati M. Yusuf, .S.Si, M.Pd menjelaskan pembelajaran Matematika dan IPA tidak bisa terlepas dari peran media sebagai alat untuk mempermudah pemahaman konsep peserta didik. 


" Media pembelajaran SD mudah dibuat dengan memanfaatkan bahan lokal yang ada di sekitar kita, yang penting kreatif. Ada tiga materi pokok yang diberikan kepada peserta, yakni konsep dasar Sains SD,  desain media pembelajaran matematika dan IPA berbasis bahan Lokal, dan Penyusunan LKPD,," jelas Yusniati.


Sementara itu, Ketua pelaksana, Dr. I Wayan Sukarjita, S.Pd., M.Si, berharap kegiatan PKM ini  memberi motivasi baru bagi guru SD dalam membuat pembelajaran Matematika dan IPA menjadi lebih menarik dan menyenangkan. 


"  Pelatihan ini diharapkan bisa membuka wawasan peserta bahwa konsep-konsep dasar Matematika dan Sains akan mudah diajarkan dan dipahami oleh siswa jika dalam proses pembelajarannya guru senantiasa memanfaat media sebagai sarana untuk mempermudah menyampaikan informasi kepada siswa serta kelas pembelajaran akan menjadi lebih menyenangkan," harap Wayan.


Lanjutnya, selain berperan sebagai alat peraga, media pembelajaran juga diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana untuk melatih keterampilan motorik siswa dalam melakukan kegiatan  mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan yang lebih dikenal dengan pendekatan saintific. 


" Aktivitas 5M ini dapat dirancang guru dengan memanfaatkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Selain untuk memberikan bekal keterampilan bagi guru dalam merancang media pembelajaran IPA, kegiatan kemitraan ini diharapkan dapat menginspirasi peserta dalam merancang media-media lain yang inovatif tetapi tetap memanfaatkan bahan lokal, serta mengintegrasikannya dalam pembelajaran sehingga pembelajaran Matematika dan IPA SD menjadi lebih bermakna bagi siswa," ungkap Wayan.





Editor : Ocep Purek 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.