News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melki-Johni Siap Manfaatkan Digital Marketing untuk Pengembangan UMKM NTT

Melki-Johni Siap Manfaatkan Digital Marketing untuk Pengembangan UMKM NTT

Foto : Ocep Purek/NTTPRIDE.COM

Kupang, NTTPRIDE.COM - Calon Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Emanuel Melkiades Laka Lena bertemu dengan kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tenun ikat Nusa Lontar di Kecamatan Kelapa Lima, Kelurahan Lasiana, Kota Kupang pada Senin, 7 Oktober 2024 sore.

Pada pertemuan tersebut, Melki Laka Lena menyatakan kesiapannya untuk membantu pemasaran produk UMKM melalui sistem digital, khususnya melalui platform marketplace.

 Ketua Kelompok Tenun Nusa Lontar, Yackoba Tanggu Dedo menyatakan bahwa pelaku UMKM di NTT, khususnya di Kota Kupang mengalami kesulitan dalam menjual hasil produk mereka.

" Kami kesulitan menjual produknya kecuali saat ada pameran di pantai Lasiana. Bahkan, menjual produk hanya dapat dilakukan sekali dalam satu bulan dengan keuntungan yang tidak pasti," ungkapnya.

Merespon personal tersebut, Melki Laka Lena mengatakan akan membantu pemasaran bagi para pelaku UMKM melalui semua jenis sosial media yang ada.

" Tidak hanya untuk produk tenun ikat, tetapi juga untuk produk di bidang perikanan, pertanian, dan peternakan. Semua produk UMKM akan dimasukkan ke dalam sistem pemasaran Pemerintah Daerah NTT dan dijual melalui marketplace," jelas Melki.

Melki juga menegaskan bahwa sistem ini akan membantu produk UMKM lokal untuk berkembang dengan baik.

" Kami telah berkomunikasi dengan berbagai platform digital seperti Tokopedia, TikTok, dan tokoh online lainnya untuk membantu promosi produk UMKM NTT," tegasnya.

Tak hanya itu, Melki juga mendorong agar produk yang dijual tidak hanya dalam bentuk kain, tetapi juga diproduksi dalam berbagai bentuk seperti tas, dompet, pakaian, dan karya lainnya.

" Kedepannya, selain menjual kain, produk UMKM juga harus diproduksi dalam bentuk aksesoris dan barang-barang konveksi lainnya," ungkap Melki.

Selain penjualan melalui sistem digital, Melki juga memastikan akan dilakukan promosi melalui kunjungan pejabat yang akan datang ke Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Melki berharap agar para pejabat yang berkunjung ke NTT dapat membantu promosi produk dari kelompok UMKM Nusa Lontar.

Dengan inisiatif ini, diharapkan UMKM di NTT dapat semakin berkembang dan produk lokal bisa semakin dikenal secara luas. ***



Editor : Ocep Purek 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.