News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Putra Terbaik Lembata Vinsen Belawa Lemaking Juara Satu Lomba Opini Lembata

Putra Terbaik Lembata Vinsen Belawa Lemaking Juara Satu Lomba Opini Lembata

Vinsensius Belawa Lemaking
Lembata, NTTPRIDE.COM - Vinsensius Belawa Lemaking, salah satu putra terbaik Lembata meraih juara satu dalam lomba Opini yang digelar Pemerintah Kabupaten Lembata dalam rangka menyambut  Hari Ulang Tahun Lembata yang Ke 25, Sabtu (12/10/2024). 

Kegiatan lomba opini ini adalah bagian dari rangkaian acara Festival Literasi Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lembata.

Vinsen ketika dihubungi mengaku senang bisa ikut berpartisipasi dalam lomba Opini yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lembata.

“Saya senang bisa ikut memberikan pikiran terkait Literasi di Lembata. Sebagai anak tanah yang lahir dari rahim Lembata sudah seharusnya memberikan kontribusi dan ini juga bagian dari kontribusi untuk pembangunan Lembata. Juara adalah bagian lainnya lagi atau bonus, tetapi intinya adalah pesan kita bisa sampai ke semua pihak lewat tulisan sederhana itu," jelas Dosen Universitas Citra Bangsa ini. 

Ia juga mengatakan Lembata adalah kabupaten dengan geliat literasi yang bagus. Lembata lewat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan telah memberikan dorongan pada semua sektor untuk bersama-sama menggelorakan literasi yang telah tumbuh dan berkembang di Kabupaten Lembata. 

"Memang banyak tentangan yang dihadapi namun jangan pernah menyerah atau mundur. Mari kita terus saling mengingatkan dan saling mendukung terutama kepada para guru yang merupakan ujung tombak gerakan literasi. Beri mereka ruang dan apresiasi untuk semua yang telah mereka lakukan selama ini. Perbanyak even perlombaan dan pelatihan serta jangan lupa untuk terus memberikan teladan yang baik bagi generasi muda dalam hal membaca dan menulis. Sebab kita dikenal lewat tulisan, perkataan dan perbuatan kita," ungkap Kepala Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UCB ini. 

“Pesan khusus untuk Bapa/Ibu guru, setelah anak-anak bisa membaca dan menulis, beri mereka sedikit dorongan lewat even-even kecil. Misalnya menulis pengalaman hari sebelumnya dan menceritakannya kembali di depan kelas. Aktifkan majalah dinding sederhana atau masukan karya mereka dalam media sosial sekolah seperti; Facebook, page, atau Web dan lainnya. Guru adalah pencari bakat yang handal, oleh sebab itu tugas guru yang terpenting adalah mengenal kemampuan unik yang dimiliki anak untuk dikembangkan," kata Asesor Badan Akreditasi Nasional Paud, Dasar dan Menengah ini. 

Juara dua lomba ini diraih oleh Asy’ari Hidayah Hanafi guru pada SMPN Panca Marga Adonara dan Juara ke tiga diraih oleh Bernardus Vianey Gole Tolok dari SMP St. Pius X Lewoleba. 


Editor : Ocep Purek 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.